Selamat Datang di Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat.: Visi: MENJADI INSTITUSI YANG MENJADIKAN MASYARAKAT PAKPAK BHARAT SEHAT DAN MANDIRI 2015
Home » » STOP BABS (Buang Air Besar Sembarangan)

STOP BABS (Buang Air Besar Sembarangan)

Written By p2pldinkespakpakbharat on Selasa, 19 Juli 2011 | 20.58


Setelah menempuh perjalanan lebih kurang 45 menit dengan melewati medan jalan yang sangat menantang akhirnya team pengamat dari Dinas Kesehatan Propinsi dan team fasilitator dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat yang di pimpin oleh Demak Nella, SKM tiba di Desa Kuta Babo Kecamata Tinada. Saat itu waktu menunjukkan pukul 13.00 wib, rasa lapar dan lelah selama dalam perjalanan langusng hilang meihat antusiasme masyarakta yang setia menunggu kehadiran tema di Desa mereka.
Setelah makan sinag, maka acara pun dimulai dengan perkenalan singkat yang dibawakan oleh sdr John Hery Sinaga. Dengan kepiawaiannya berbahasa daerah menjadi mempermudah masyarakta Desa Kuta Babo memahami maksud dan tujuan kedatang team CLTS (Community Leader Total Sanitasi) ke Desa mereka.
Peranserta masyarakat selama kegiatan berlangsung sangat terlihat jelas, hal itu ditandai dengan keseriusan masyarakata mengikuti proses. Langkah pertama adalah pencairan suasana, sehingga tidak ada kesenjangan antara masyarakat dengan team yang hadir. Langka kedua adalah masyarakat mulai diajak oleh fasilitator untuk membuat gambaran wilayah desa, dilanjutkan dengan mengidentifikasi kebiasan-kebiasan masyarakta yang hadir tentang perilaku mereka Buang Air Besar.
Dari 35 orang masyarakat yang hadir pada pertemuan CLTS diperoleh 9 orang yang tidak memiliki jamban. Setelah berdiskusi dan menggali informasi dari masyarakta yang memiliki dan tidak memiliki jamban, akhirnya masrakat yang belum memiliki jamban berhasil untuk dilakukan "pemicuan" terhadap rasa jijik, rasa malu, rasa takut sakit, rasa berdosa, dan rasa tanggung jawab berkaitan dengan kebiasaan BAB di sembarang tempat. Dari hasil pertemuan fasilitator berhasil memotifasi dan masyarakat berkomitmen untuk segera mendirikan jamban guna menghidarkan kebiasaan BAB sembarangan. Semoga saja apa yang sudah disepakati dapat tercapai, semoga Desa Kuta Babo bebas BABS (Buang Air Besar Sembarangan) S E M O G A,.....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. DINAS KESEHATAN KAB PAKPAK BHARAT . All Rights Reserved.