Selamat Datang di Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat.: Visi: MENJADI INSTITUSI YANG MENJADIKAN MASYARAKAT PAKPAK BHARAT SEHAT DAN MANDIRI 2015
Home » » Gambaran Umum

Gambaran Umum

Written By p2pldinkespakpakbharat on Selasa, 21 Februari 2012 | 03.08

Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional dan bertujuan agar semua lapisan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, murah dan merata. Dengan adanya upaya tersebut diharapkan akan tercapai derajat kesehatan yang baik.
Salah satu indikator yang dapat memberikan gambaran pembangunan kesehatan adalah tersedianya fasilitas dan sarana kesehatan yang memadai. Disamping itu perlu diperhatikan peningkatan pelayanan oleh petugas kesehatan yang ada.
Di Kabupaten Pakpak Bharat terdapat satu Rumah Sakit Umum, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Terdapat 7 buah Puskesmas di 7 Kecamatan, 22 buah Pustu dan 77 buah Posyandu.
Untuk tenaga medis, di Kabupaten Pakpak Bharat terdapat 19 orang dokter umum, 2 orang dokter gigi, 73 bidan, 46 perawat umum, 2 orang perawat sanitasi, 4 orang perawat gigi.
Salah satu kriteria peningkatan derajat kesehatan masyarakat adalah masalah kesehatan ibu dan balita. Disamping Puskesmas telah tersedia di 7 Kecamatan didukung pula oleh tersedianya Posyandu di tiap desa per Kecamatan dengan rata-rata 9-10 unit. Pemerintah turut melakukan upaya-upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat antara lain dengan memberikan penyuluhan kesehatan akan pentingnya NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) melalui program Keluarga Berencana. Tingkat kesadaran masyarakat akan arti pentingnya program Keluarga Berencana semakin meningkat. Pada tahun 2007 di Kabupaten Pakpak Bharat pencapaian peserta KB aktif sebanyak 2.701 orang dengan pencapaian terbesar di Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe. Alat/ cara KB yang digunakan terbanyak adalah suntik sebanyak 619 akseptor.
Untuk Data lebih lengkap silahkan download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. DINAS KESEHATAN KAB PAKPAK BHARAT . All Rights Reserved.