Selamat Datang di Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat.: Visi: MENJADI INSTITUSI YANG MENJADIKAN MASYARAKAT PAKPAK BHARAT SEHAT DAN MANDIRI 2015
Home » » SUNATAN MASSAL DINAS KESEHATAN PAKPAK BHARAT

SUNATAN MASSAL DINAS KESEHATAN PAKPAK BHARAT

Written By p2pldinkespakpakbharat on Selasa, 20 Maret 2012 | 00.29

 Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat, Dinas Kesehatan melalui bidang Yankes melaksanakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Sunatan Massal. Tujuan pelayanan kesehatan ini dari segi Agama adalah menunjukkan sudah akil baliknya seseorang, sedangkan dari segi kesehatan adalah untuk menghindari infeksi. Sunatan Massal ini telah dilaksanakan sejak tahun 2010, dimana antusias masyarakat cukup tinggi.  Pada tahun 2011 Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat Melaksanakan Kegiatan Sunatan Massal di 3 titik, yaitu Puskesmas Sibande, Puskesmas Sukaramai dan Puskesmas Kecupak. Hari pertama, kegiatan Sunatan Massal dilaksanakan di Puskesmas Sibande. Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan Pembukaan dengan acara marhaban, doa dan Teppu Tawar. Setelah acara pembukaan selesai, maka pelaksanaan kegiatan Sunatan Massal dimulai, dimana melibatkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman dibidangnya, yaitu 2 orang dokter dan 2 orang perawat, dibantu oleh perawat-perawat yang bertugas di Puskesmas tersebut.
Kegiatan ini berjalan dengan baik karena ada kerjasama yang baik antara panitia, petugas kesehatan dan masyarakat yang mengikuti Kegiatan Sunatan Massal ini. Antusias masyarakat terhadap kegiatan ini cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari jumlah pasien yang mengikuti Sunatan Massal cukup besar.
Di hari pertama, jumlah pasien mencapai 86 orang, meliputi 43 laki-laki dan 43 Perempuan.Dihari Kedua,di Puskesmas Sukaramai, pasien membludak mencapai 141 orang, meliputi 75 laki-laki dan 66 Perempuan. Di hari terakhir, di Puskesmas Kecupak, Pasien berjumlah 37 orang, meliputi 26 laki-laki dan 11 perempuan. Jumlah seluruh pasien mencapai 264 orang, meliputi 144 orang laki-laki dan 120 orang perempuan. Jumlah ini melebihi target yang diharapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat sebesar 200 orang,  sehingga Kegiatan Sunatan Massal ini dinilai sudah berhasil. Dan diharapkan untuk tahun-tahun berikutnya, Kegiatan Sunatan Massal tetap berjalan secara intensif setiap tahunnya.
Kegiatan sunatan massal ini bersumber dari dana APBD Kabupaten Pakpak Bharat TA 2011.  Pada tahun 2012 ini kegiatan sunatan massal direncanakan akan dilaksanakan sekitar bulan Juni, pada saat libur anak sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. DINAS KESEHATAN KAB PAKPAK BHARAT . All Rights Reserved.