Selamat Datang di Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat.: Visi: MENJADI INSTITUSI YANG MENJADIKAN MASYARAKAT PAKPAK BHARAT SEHAT DAN MANDIRI 2015
Home » » PENGENALAN DINI RABIES

PENGENALAN DINI RABIES

Written By p2pldinkespakpakbharat on Selasa, 05 April 2011 | 19.49


Rabies adalah penyakit menular yang mematikan yang disebabkan oleh virus dan berakibat fatal / kematian. Tersebar di seluruh dunia terutama di Negara berkembang, di Indonesia sejak dilaporkan oleh Schrool pada seekor kuda tahun 1884, dan pada manusia dilaporkan pertama kali oleh E. V. De Haan tahun 1884.
Rabies / penyakit anjing gila adalah merupakan penyakit Zoonosa, penting untuk diketahui di Indonesia, karena : (a).luasnya daerah penyebaran rabies,
(b). banyaknya kasus gigitan hewan tersangka atau menderita rabies, (c). selalu diakhiri dengan kematian.
Jadi case fatality rabies adalah tertinggi dari seluruh penyakit infeksi yang ada.
Virus rabies dapat menginfeksi semua hewan berdarah panas, juga manusia dan burung.
Penularannya melalui gigitan dari berbagai hewan reservoir, misalnya : anjing, kucing, srigala, kelelawar dll. Di Asia Anjing sebagai reservoir utama dalam penularan rabies.
Pencegahan :
- Hindari gigitan binatang
- Bila terlanjur digigit binatang tersangka rabies maka dilakukan usaha mematikan/mengurangi virus rabies dengan : Mencuci luka gigitan dengan air mengalir dan sabun atau diterjen selama 10 – 15 menit kemudian deberi antiseptic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. DINAS KESEHATAN KAB PAKPAK BHARAT . All Rights Reserved.